ZigaForm version 5.2.0

Cara Mengecat Dinding Rumah Sendiri

Cat rumah merupakan salah satu tahapan terpenting dalam membangun rumah. Warna cat akan menentukan suasana rumah selama anda tempati. Corak warna yang cocok juga membuat rumah semakin indah dipandang mata. Lalu bagaimana mengecat dinding rumah dengan rapi tanpa jasa tukang cat, apakah mengecat rumah bisa dikerjakan sendiri tanpa belepotan ?

Dengan persiapan matang dan langkah yang benar mengecat rumah sendiri akan memberi hasil memuaskan. Di bawah ini ada tahapan cara bagaimana mengecat dinding rumah sendiri untuk hasil cat tanpa belepotan.

Cara mengecat rumah dengan rapi

Sebelum anda mengecat rumah ada baiknya perhatikan pakaian yang dipakai. Baju dengan bahan anti air sangat dianjurkan supaya jika baju kena cat tidak tembuh ke kulit tubuh. Jika perlu pakaialah kaca mata khusus penangkal cairan. Menutup rambut dan kepala secara umum juga penting dilakukan. Lebih baik berpakaian aman secara berlebihan daripada sakti karena kurang perlengkapan.

Singkirkan perabotan rumah ke tempat yang aman

Langkah pertama dan penting ialah sediakan ruang kerja yang cukup. Bila ada perabotan rumah tangga, singkirkan ini agar lebih leluasa untuk bergerak. Hal ini juga agar mencegah jika cat tidak jatuh ke perabotan tersebut. Jika ruang sempit karena masih banyak pekerjaan lainnya, anda bisa pindah perabotan ke ruang sebelah secara bergantian per satu ruan.

Jika sudah selesai satu ruang, pindahkan perabotan kembali ke ruang yang telah dicat. Tentu jika cat rumah sudah kering.

Alasi lantai dengan plastik

Bisa dengan bahan plastik atau karton. Lakukan ini untuk hindari cat bercecer berjatuhan di lantai. Tentu hal yang tidak diinginkan jika furniture belepotan dengan cat dinding. Walau misal lantai masih belum terpasang keramik, pastikan juga dialasai demi kebersihan juga keamanan nantinya.

Membersihkan dinding

Pastikan terlebih dulu bagian permukaan dinding yang nantinya akan Anda cat tersebut sudah bersih dari debu. Bersihkan saja debu dan juga kotoran yang menempel di area dinding. Kotoran di dinding ini sangat perlu dihilangkan. Debu, kotoran, dan juga noda minyak akan menjadikan hasil akhir cat tak halus serta tak merata. Bersihkan saja dengan menggunakan air yang sudah dicampur dengan deterjen berformula lembut dan spons selulosa. Gosok spons pada dinding sampai bersih, kemudian bilas dengan menggunakan air untuk hilangkan residu sabunnya.

Pada toko bangunan tertentu anda bisa beli bahan pembersih dinding khusus. Ini akan lebih praktis, aman dan hasilnya juga lebih baik.

Menutup retakan di dinding

Menggunakan plamir atau dempul tembok untuk menutupi bagian yang retak atau berlubang di dinding, kemudian ratakan hingga halus dengan menggunakan amplas. Oleskan juga primer cat sejenis cairan yang nantinya diaplikasikan sebelum pengecatan supaya didapat hasil akhir yang lebih rata dan juga mengkilap.

Melindungi bagian yang tak ingin dicat menggunakan lakban

Pembatas antara dinding dan juga lantai, jendela serta bingkai jendela umumnya harus ditutupi supaya tak terkena noda cat. Lindungilah bagian rumah yang tidak ingin dicat dengan menggunakan lakban atau pun pita perekat pada saat pengecatan. Setelah selesai, segera cabut sebelum cat dinding Anda mengering supaya cat tak ikut tercabut.

Mulai dari bagian yang sulit dan sempit

Daerah yang sempit dan susah dijangkau harus anda kerjakan lebih dahulu. Karena ini perlu ketelitian dan kesabaran. Sehingga jika anda kerjakan saat diawal pengerjaan, kemungkinan besar anda masih segar dan hasil yang didapatkan akan lebih baik. Tips ini juga bisa memperlancar pekerjaan anda selanjutnya karena tidak harus bergantian menjangkau daerah susah dan mudah. Beri cat pada yang susah dulu baru mengecat dinding yang mudah.

Mengecat dari atas ke bawah

Pengecatan dikerjakan dari bagian tertinggi, yaitu plafon menuju sudut dengan dinding rumah. Supaya cat jika jatuh mengenai tempat yang belum dicat. Sehingga cat akan rapi dan tidak belepotan.

Menggunakan kuas kecil sesuai kebutuhan

Alat pengecat yang berupa roller ini tak dapat diaplikasikan di semua bagian dinding rumah tinggal Anda, hanya pada area yang luas saja. Sementara itu, untuk area yang sulit seperti halnya pada sudut ruangan, Anda bisa menggunakan kuas kecil selebar dua inch.

Gunakan teknik gerakan zigzag

Tips mengecat dengan rata dan juga tidak belepotan adalah dengan membuat gerakan zigzag dari atas ke bawah secara berulang kali hingga dindingnya tertutup rata. Setelah 2 hingga 3 jam barulah lapisi kembali dengan menggunakan cat supaya lebih mulus hasilnya. Roller dapat dipergunakan untuk meratakan warna di bagian permukaan dinding.

Cat ulang bila diperlukan

Apabila hasil dari pengecatannya memang dirasa masih kurang sempurna, Anda disarankan untuk mengulanginya sekali lagi dan pastikan proses yang kedua ini berhasil dengan sangat baik. Sehingga cat rumah akan awet dan bertahan lama.

Jangan lupa segera bersihkan peralatan cat dengan segera. Jika memang ada cipratan cat yang jatuh ke lantai, maka segera bersihkan dengan menggunakan lap basah. Jika cat kering maka dia akan susah dibersihkan. Lihat tangan dan tubuh anda apa ada bercak cat, lakukan pembersihan dengan sempurna dan gunakan cukup air untuk menghilangkannya.

Demikianlah tips agar mengecat rumah rapi tidak belepotan yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan juga menginspirasi.

Leave a Reply