Menentukan Lamanya Bangun Rumah

Pada saat berencana untuk membangun rumah rumah tinggal, tentunya hal yang pertama kali akan Anda pikirkan adalah berapa biaya untuk membangun rumah. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi menarik tentang cara menghitung biaya bangun rumah yang baik, serta menentukan lamanya bangun rumah tersebut akan dibangun.

Menghitung biaya dan menentukan lamanya bangun rumah ini bukanlah perkara yang sulit, hanya saja dibutuhkan ketelitian dan juga informasi yang terupdate tentang harga-harga bahan bangunan. Apalagi di kondisi tak menentu seperti sekarang, bahan-bahan bangunan merupakan barang yang harganya akan selalu fluktuaktif serta tak menentu, sehingga Anda harus benar-benar tahu kondisi harga saat itu juga.

Menentukan biaya dan lamanya bangun rumah

Ketersediaan lahan

Ketersediaan lahan untuk bangun rumah ini adalah salah satu hal mutlak yang wajib ada pada saat akan membangun hunian. Dan presentase untuk lahan atau tanah mungkin akan jadi yang paling besar atau separuh dari harga rumah. Bila Anda masih belum memiliki lahan untuk bangun rumah, maka segera cari informasi lahan yang pas untuk rumah Anda.

Carilah informasi harga lahan ditempat yang sedang Anda incar, supaya Anda bisa mendapat lahan dengan harga yang ramah dikantong. Kenapa harus cepat? Karena, harga lahan atau tanah makin hari cenderung makin meningkat, serta bila Anda mendapatnya sekarang ini adalah suatu keberuntungan yang lebih.

Tentukan model rumah

Terkadang orang suka sekali mengabaikan hal yang satu ini, sebab orang lebih suka menyerahkannya pada ahli. Padahal model atau pun desain rumah serta rancangan rumah nantinya akan sangat menentukan di dalam hal perhitungan anggaran untuk bangun rumah. Rumah dengan ukuran yang sama akan tetapi modelnya berbeda, tentunya akan membutuhkan biaya yang berbeda pula.

Makin banyaknya ruang di dalam rumah, maka akan makin menambah biaya rumah. Makin detail dalam membuat hunian tinggal, maka akan makin menambah biaya rumahnya juga. Tapi, bila Anda ingin lebih berhemat, Anda bisa memilih model rumah yang sederhana, dengan membangun rumah sederhana ini tak hanya akan menghemat biaya, akan tetapi juga mempercepat proses pembangunan rumah tinggal Anda.

Bahan bangunan

Silakan Anda pilih bahan bangunan yang bagus, apabila Anda sekarang ini memiliki budget yang terbatas di dalam membangun rumah, sebaiknya Anda siapkan beberapa bahan yang awet, seperti batu, besi, dan genteng.

Tukang atau tenaga ahli bangunan

Biaya tukang untuk bangun rumah ini adalah hal mutlak serta biaya tersebut akan menjadi komponen terbesar, sebab jarang ada rumah yang jadi hanya dalam waktu yang singkat, misalnya saja hanya dalam waktu 7 hari saja, umumnya lamanya bangun rumah ini membutuhkan waktu beberapa.

Salah satu contoh perhitungan biaya bangun rumah per meter, jika luasan tanah yang dimiliki sekitar 8 x 17 meter persegi, yang mana 7 x 12 meter perseginya akan dijadikan sebagai rumah. Maka perhitungannya adalah dengan cara mengalikan panjang dan lebar rumahnya, yakni 12 x 7 meter = 84 meter persegi, lalu dikalikan lagi dengan harga atau biaya bangun rumah per meter persegi, contohnya saja jika bertempat di kota besar Rp 3.5 juta rupiah, maka harga untuk bangun rumah adalah 84 x Rp 3.5 juta rupiah = Rp 294 juta rupiah.

Itulah sekilas informasi tentang cara menentukan lamanya bangun rumah beserta biaya perkiraan bangun rumah, semoga saja bermanfaat.

Leave a Reply